分類して、もっとたくさん見つけよう!
Proyek
klistar telah memasuki pertemuan ke-2. Di pertemuan kali ini setiap tim
meneruskan kegiatan yang dilakukan pada pertemuan pertama. Sebelumnya, setiap
tim telah diberi tema yang nantinya akan menjadi bahan observasi. Sama sepertei
pertemuan ke-1, untuk pertemuan ke-2 setiap tim bersama dengan kapten dan
sub-kapten kembali menjelajah dan mengobservasi lingkungan sekitar SD
Al-Fauzien. Namun, untuk kali ini setiap tim harus mengelompokan dan mencari
lebih banyak sesuatu hal yang berhubungan dengan tema tim.
Bisa dibilang pada pertemuan ke-2 setiap tim diajak untuk berpikir kritis terhadap permasalahan yang berhubungan dengan tema setiap tim. Sebagai contoh, bila seorang siswa menemukan sesuatu objek yang berhubungan dengan tema, maka perlu diteliti lebih dalam lagi, seperti “kenapa hal itu bisa terjadi?”, “siapa yang berhubungan dengan hal itu?”, “dimana hal itu bisa ditemukan?”. Cara berpikir semacam ini membuat akan menjadi lebih aktif.
Bisa dibilang pada pertemuan ke-2 setiap tim diajak untuk berpikir kritis terhadap permasalahan yang berhubungan dengan tema setiap tim. Sebagai contoh, bila seorang siswa menemukan sesuatu objek yang berhubungan dengan tema, maka perlu diteliti lebih dalam lagi, seperti “kenapa hal itu bisa terjadi?”, “siapa yang berhubungan dengan hal itu?”, “dimana hal itu bisa ditemukan?”. Cara berpikir semacam ini membuat akan menjadi lebih aktif.
Sebelum observasi, setiap tim
melakukan briefing. Dengan kembali
me-review tema yang telah diberikan
pada pertemuan ke-1. Setiap tim diharuskan untuk mengelompokan hasil observasi
yang telah dilakukan. Pengelompokan seperti itu dimaksudkan agar sisiwa dapat
lebih mengerti dan memudahkan mereka untuk mengenali setiap hal yang akan
dilakukan. Pengelompokan ini berdasarkan ide dan pendapat para siswa, sehingga
setiap tim memiliki perbedaan dan hal ini dapat menunjukan pola pikir dan
kekreatifitasan setiap kelompok tim. Seperti pada tim biru, pengelompokan yang
bertema suara ini dilakukan dengan banyak pengelompokan bila dibanding dengan
tim yang lain. Lebih dari 3 pengelompokan. Namun, pada tim hijau pengelompokan
tentang sampah hanya di bagi dalam dua kelompok saja. Walaupun demikin tidak
menyurutkan pola berpikir kritis di masing – masing tim.
Observasi
pun dilakukan, setiap tim berpencar untuk mencari sesuatu hal yang berhubungan dengan
tema. Banyak hal menarik yang terjadi, seperti pada tim hijau. Pada tim hijau
yaitu mengenai sampah, mereka saling bertanya-tanya, “apakah daun yang terjatuh
juga di anggap sampah?’. Satu, dua anak menjawab iya dan sisanya tidak. Dari
situlah setiap anak diajak berpikir kritis. “ kenapa bisa menjadi sampah?”,
“kenapa bukan sampah?”. Lalu “ Dimana sampah itu kamu temukan?”. Lalu ada hal
yang menarik yang menurut kapten dan sub- kapten tim hijau adalah sesuatu hal
yang lucu. Mereka ditanya, “ kenapa di hutan dekat sungai ada sampah?”, “ Siapa
yang membuangnya?”. Lalu jawaban dari seorang siswa dari kelompok hijau adalah
“ oh, mungkin hewan- hewan yang membuangnya!”. Lalu ditanya kembali,” kenapa
bisa hewan yang membuangnya?”, jawaban dari dia “ kan seperti di cerita
dongeng, hewan-hewan dihutan bertingkah seperti manusia, kak!”.
Hal seperti itu
menjadi suatu hal yang menarik dan cerita tersendiri dalam setiap kelompok
untuk pertemuan ke-2 kali ini. Untuk pertemuan ke-3 nantinya setiap siswa dari
tiap tim akan mempresentasikan hasil observasi mereka.
(Achmad Fachri / Kapten Tim Hijau)
KLISTARのプロジェクトは第2回目を迎えました。今回、それぞれのチームはまた前と同じテーマを続けました。この前は、各チームがテーマを与えられ、そのテーマに沿って、子供たちは色々なものを探しました。今回もまた子供たちは、隊長と副隊長と一緒に、小学校の周りを観察して、色々なものを探しました。しかし、前は色々なものを探すだけでしたが、今回はちょっと違い、子供たちはテーマに沿って見つけた色々なものを分類しました。そして、テーマと関係あるものをもっとたくさん探すことになりました。ここで各チームは、自分たちに関係する問題に対して「批判的思考法」をする必要がありました。たとえば、もし子供がテーマに関係するものを見つけたら、もっと深く考えなければなりません。子供たちの頭の中に、たくさんの質問を生もうとするのです。「どうしてそんなことが起こったんだろうか?」「だれに関係があることだろうか?」「どこでそのものは見つけられるだろうか?」・・・こういう考え方は、子供たちがもっとアクティブになるようにするためのものです。
観察に出る前に、各チームで前回のまとめをしました。もう一度同じテーマについて考え直し、そして分類をしました。分類するのは、子供たちがこれから何をするのかちゃんと理解して、観察をしやすくするためです。子供たちのアイデアと意見に基づいて分類がなされたので、チームごとの違うアイデアと意見による違った分類が生まれました。それによって1つ1つのチームの考え方と創造性が見えました。「声」がテーマの青チームは3つ以上のたくさんの分類をしていましたが、緑チームなど、他のチームは2つだけの分類のチームもありました。たとえ異なる分類の仕方をしても、各チームで批判的思考法ができなくなるわけではありません。
観察に出ると、各チームはまちに散らばって、テーマに関係するものを探しました。そこでは色々な面白いことが起こりました。緑チームは、テーマであるゴミについて、子供たちに質問をしました。隊長から「葉っぱはゴミだと思いますか?」という質問をしたところ、2人の子供だけが賛成しました。他の子供たちは反対です。葉っぱはゴミとは思わない、と彼らは言いました。ほかにも、子供たちに色々な質問をしました。例えば「どうして、それはゴミになるの?」「なんでゴミじゃないと思うの?」「このゴミはどこで見つけられる?」といったことを聞きました。こういう質問は批判的思考法の練習になると思います。
ひとつ、面白い質問がありました。アキ先生は川の近くの森でプラスチックのゴミを見つけました。そしてアキ先生から質問がありました。「誰があのゴミを捨てたんだと思う?」そして子供たちは答えました。「たぶん森にいる動物があのゴミを捨てたんだよ。」という答えです。隊長と副隊長はちょっとびっくりしました。その後また質問をしました。「なんで動物が捨てるの?」子供たちによると「だって、森には人間のようにふるまう動物がいるって、物語をきいたことあるでしょう?だから、ゴミを捨てるのは動物だと思う。」
こんな面白いことやユニークなことが、今回はどのチームにもありました。次回、第3回は、各チームの子供たちが観察の結果を発表します。
(アハマド・ファハリ/緑チーム隊長)
0 件のコメント:
コメントを投稿